Reflection Loss (Rugi Refleksi)

Parameter fisis yang digunakan adalah reflection loss dengan satuan desibel (dB). Besar reflection loss gantung pada parameter kekasaran, tebal lapisan, permitivitas, permeabilitas dan ukuran partikel.
Karakteristik suatu material absorber gelombang mikro  yang  baik  yaitu memiliki sifat magnet dan listrik yang baik pula. Material tersebut harus memiliki nilai impedansi tertentu nilai permeabilitas relative (μr) dan permitivitas relative nya (εr) sesuai dengan nilai μ dan ε udara atau vakum agar terjadi resonansi impedansi, sehingga  nilai  dari  reflection  loss   yang dihasilkan bahan cukup besar.. Selain permeabilitas, permitivitas, dan magnetisasi spontan, material penyerap harus memiliki nilai resistivitas listrik yang tinggi atau isolator yang baik. Kombinasi sifat intrinsik material antara sifat magnetic dan sifat listrik dapat menempatkan material magnet sebagai   penyanggah gelombang mikro pada frekuensi tertentu.
Perhitungan nilai reflection loss RL yaitu dengan menggunakan persamaan :
Z merupakan impedansi material dan Zo merupakan impedansi udara. Hasil penelitian Cheng dkk (2010) menjelaskan bahwa nilai RL absorpsi material Hexaferite memiliki nilai serapan material mencapai -12,4 dB pada frekuensi optimum 10.5 GHz dengan ketebalan 0.8 mm. Pada nilai reflektansi tersebut kemampuan material untuk menyerap frekuensi atau pancaran gelombang EM yang datang yaitu sebesar 76% sedangkan frekuensi yang direfleksikan yaitu 24%. Hal tersebut dapat terjadi ketika nilai impedansi material dengan pancaran frekuensi yang datang sesuai atau nilainya sama, sehingga akan terjadi resonansi gelombang dimana akan terjadi interaksi antar atom dalam struktur material dengan frekuensi yang datang.
Pengukuran sifat absorpsi material dikarakterisasi menggunakan alat Vector Network Analyzer (VNA) dibutuhkan kemampuan koreksi vector kesalahan akurasi pengukuran. Pada dasarnya analisis jaringan pemancar   frekuensi yang dipancarkan pada material akan direfleksikan dan ditransmikan sepanjang jalur transmisinya. Ketika, panjang gelombang RF dan sinyal gelombang mikro berbeda., maka dengan prinsip  yang  sama jaringan  akan  membaca  secara  akuraat frekuensi yang datang kemudian direfleksikan dan ditransmisikan. Energi atau sinyal yang ditransmisikan akan dipantulkan kembali ke bawah jalur transmisi menuju sumber (impedansi yang cocok) dan ditransmisikan ke perangkat akhir.
Gelombang mikro adalah  gelombang  electromagnet yang berada  pada jangkauan  0.3   300 GHz dengan panjan  gelombang antar 1m  1mm. Gelombang  mikro mematuhi  hokum-hukum optik; transmis bsorpsi dan atau refleksi yang bergantung pada jenis material seperti  pada Gambar  berikut :
 

Serapan gelombang mikro terjadi akibat interaksi gelombang dengan material yang menghasilkan efek Reflection Loss energi yang umumnya didisipasikan dalam bentuk panas. Hal tersebut dapat dipahami dengan membagi komponen gelombang elektromagnetik ke dalam komponen elektrik dan magnetik. Gelombang  mikro  dibagi  dalam  beberapa  daerah  jangkauan yang  telah ditetapkan secara internasiaonal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reflection Loss (Rugi Refleksi)"

Post a Comment